Menjaga Kesehatan Mata

Tidak dapat dipungkiri mata adalah panca indera yang sangat esensial yang harus dijaga, karena bisa dibilang pusat kehidupan terletak pada mata. Setiap orang pasti menginginkan mata yang sehat, tapi sebagian besar orang tidak menyadari pentingnya menjaga kesehatan mata. Banyak sekali penyakit mata yang dapat diminimalisir dan diturunkan resiko terjadinya penyakit tersebut, jika anda bisa merawat mata anda sejak dini. Seperti istilah yang sering kita dengar lebih baik mencegah dari pada mengobati.
Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata.

1. Periksa mata setiap 12 bulan
Masalah penglihatan yang tidak ditangani akan berkembang semakin parah, dan memakai lensa kontak atau kacamata yang tidak lagi cocok untuk anda dapat menyebabkan masalah peglihatan dan sakit kepala.

2. Makanlah makanan yang baik untuk mata
Makanan yang mengandung antioksidan (vitamin A, vitamin C, dan vitamin E) dapat mencegah penyakit mata seperti degenerasi macular, katarak, glaucoma, dan retinopathy diabetic. Sumber antioksidan ini bisa didapatkan dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Vitamin A bisa didapat dari bayam dan wortel. Vitamin A juga terdapat pada hati dan telur ayam. Vitamin C terdapat pada jeruk, brokoli, paprika hijau, dan ubi jalar manis. Vitamin E banyak terdapat pada sayuran hijau dan kulit kacang. Selain itu dibutuhkan mineral yang berfungsi untuk proses penyerapan antioksidan. Mineral ini terdiri dari mineral selenium yang terkandung pada walnut atau kenari, roti, macaroni, keju. dan padi yang kaya selenium. Dan mineral seng terdapat pada daging merah dan yougurt. Perlu diperhatikan terlalu banyak mengkonsumsi antioksidan dapat menimbulkan efek negatif.

3. Jika anda bekerja menggunakan komputer, aturlah pencahayaan ruangan
Aturlah pencahayaan ruangan anda jangan terlalu terang dan jangan terlalu redup. Atur jarak monitor dengan mata dengan jarak 50-70 cm, dan letak bagian tengah monitor 20-23 cm di bawah mata. 

4. Jangan menggunakan lensa kontak atau kacamata saat berada didepan komputer
Menggunakan kacamata atau lensa kontak saat berada didepan komputer dapat mengurangi aliran udara disekitar bola mata sehingga menyebabkan mata kering dan perih. Jika anda harus memakai kacamata atau lensa kontak, pastikan kacamata atau lensa kontak itu sesuai dan nyaman dengan mata anda.

5. Istirahatkan mata anda
Hampir semua orang merasakan mata mereka tidak nyaman setelah duduk seharian di depan layar komputer. Hal ini disebabkan mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya, yang menyebabkan mata menjadi lelah. Satu hal yang dapat dilakukan adalah istirahatkan mata setiap 20-30 menit, dengan berpaling dari layar komputer dan fokuskan pandangan pada objek yang jauh. 

6. Hindari bertukar alat rias mata dan obat tetes mata
Jangan menyentuh ujung dari obat tetes mata dengan tangan.
Perhatikanlah selalu kesehatan mata anda! Mata yang indah adalah mata yang sehat.


. Pakai Pelindung Mata
Kacamata bisa dipakai untuk melindungi mata dari sinar matahari atau debu saat berolahraga atau aktivitas lainnya. Banyak kacamata yang dirancang khusus untuk olahraga tertentu untuk menghindari terjadinya cedera mata. Jadi, hindarilah penggunaan sunglasses hanya karena ingin bergaya.

.Melakukan Senam Mata
Bagaimana cara melakukan senamnya? gampang kok. Buka lebar-lebar kedua mata Anda. Lalu , putar bola mata ke atas, bawah, kiri, dan kanan selama dua detik dan tutup mata secara perlahan. Ulangi beberapa kali saat Anda sedang santai. Hal ini dapat mengurangi dampak mata stres karena radiasi sinar matahari atau komputer.


*disarikan dari berbagai sumber

0 komentar: